Who are we?

Lembaga Penerbitan merupakan salah satu gugus di Koperasi “Kopma UGM”, dimana anggotanya sudah terdaftar sebagai anggota Koperasi “Kopma UGM” terlebih dahulu. Lemaga Penerbitan atau sering disebut LP bergerak dalam bidang kepenulisan dan jurnalistik, serta dibawahi langsung oleh Bidang PSDA (Pengembanagn Sumber Daya Anggota).

Di gugus LP terdapat empat bidang kepengelolaan, diantaranya Bidang Keanggotaan (HRD), Bidang Perusahaan, Bidang Produksi, dan Bidang Redaksi, serta dipimpin oleh seorang ketua.

Anggota LP memiliki ketertarikan yang sama yaitu di bidang kepenulisan, sehingga dalam belajar menghasilkan suatu karya sering kali dilakukan sistem sharing, juga terkadang turut mengundang narasumber yang kompeten dalam kegiatan upgrading rutin anggota LP. Rasa kekeluargaan adalah kunci utama dalam menciptakan atmosfer kebersamaan dalam Gugus LP.

Selain diadakan upgrading guna meningkatkan kapasitas anggota, LP juga mempunyai agenda rutin tiga bulan sekali yaitu kunjungan jurnalistik. Harapannya, anggota LP dalam proses belajar di bidang kepenulisan dapat lebih dalam menimba ilmu pada sumbernya.

Adapun karya rutin Gugus LP adalah Foraksi (Forum Komunitasi antar Insan Koperasi) yang terbit dua bulan sekali. Dalam Foraksi ini diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi antar anggota, baik dalam menyampaikan saran, kritik, maupun publikasi kegiatan yang diadakan Koperasi “Kopma UGM”.

Ada pula karya tahunan Gugus LP yaitu Medikopa (Media Kopma) berupa buku saku yang dibagikan kepada mahasiswa baru, dan penerbitan buku karya Gugus LP. Selain itu, Gugus LP juga mempunyai event tahunan berupa seminar yang berkaitan dengan dunia kepenulisan.

Belajar dan terus beproses menempa diri, menulis dengan hati <3

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.